Ada Kenaikan Konsumsi BBM 2,6 Persen Selama Nataru, Pertamina Tambah Stok

Quotex.co.id Jakarta – Perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru) tidak hanya membawa keceriaan bagi masyarakat Indonesia, tetapi juga memberikan dampak signifikan pada konsumsi bahan bakar minyak (BBM). Menurut laporan terbaru, terjadi kenaikan konsumsi BBM sebesar 2,6 persen selama periode libur Nataru. Mengantisipasi lonjakan ini, Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia telah mengambil langkah untuk menambah stok BBM.

Peningkatan konsumsi BBM terlihat terutama pada jenis bahan bakar seperti bensin dan solar. Masyarakat yang melakukan perjalanan pulang kampung atau liburan turut berkontribusi pada lonjakan tersebut. Berikut adalah beberapa poin penting terkait situasi ini:

Bacaan Lainnya
  1. Kenaikan Konsumsi: Data dari Pertamina mencatat kenaikan konsumsi BBM sebesar 2,6 persen selama periode libur Nataru. Peningkatan ini terlihat dari lonjakan mobilitas masyarakat yang menggunakan kendaraan pribadi atau umum selama libur.
  2. Bensin dan Solar: Jenis BBM seperti bensin dan solar mengalami peningkatan paling signifikan. Banyak masyarakat yang melakukan perjalanan jarak jauh menggunakan kendaraan pribadi atau angkutan umum, yang menjadi penyebab utama kenaikan konsumsi kedua jenis BBM tersebut.
  3. Antisipasi Pertamina: Mengantisipasi lonjakan konsumsi selama periode libur, Pertamina telah meningkatkan stok BBM di berbagai titik distribusi. Langkah ini diambil untuk memastikan pasokan BBM tetap mencukupi dan tidak terjadi kelangkaan di beberapa wilayah.
  4. Upaya Pengendalian: Meskipun terjadi kenaikan konsumsi, Pertamina juga melakukan upaya pengendalian untuk memastikan distribusi BBM tetap efisien. Monitoring terus dilakukan guna mengidentifikasi dan menangani potensi permasalahan logistik yang mungkin timbul.
  5. Kampanye Penggunaan BBM yang Bijak: Selain langkah-langkah operasional, Pertamina juga menggencarkan kampanye untuk mendorong penggunaan BBM yang bijak. Kampanye ini mencakup imbauan untuk merawat kendaraan, memastikan kondisi mesin yang baik, dan memilih moda transportasi yang lebih ramah lingkungan.

Kondisi ini menjadi perhatian utama bagi Pertamina dan pemerintah dalam menjaga stabilitas pasokan energi selama periode libur yang padat. Dengan berbagai upaya yang dilakukan, diharapkan pasokan BBM tetap aman dan masyarakat dapat merayakan liburan dengan nyaman.

Pertamina juga mengimbau masyarakat untuk menggunakan BBM secara efisien, merencanakan perjalanan dengan baik, dan mematuhi aturan lalu lintas untuk menciptakan perjalanan yang aman dan nyaman.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *