BI Buka Ruang Penurunan Suku Bunga Acuan pada Semester II/2024

Quotex.co.id JAKARTA – Bank Indonesia (BI) mengumumkan bahwa pihaknya membuka ruang untuk potensi penurunan suku bunga acuan pada semester kedua tahun 2024. Keputusan ini diambil sebagai respons terhadap kondisi ekonomi yang terus berkembang dan langkah-langkah strategis untuk mendukung pertumbuhan ekonomi di tengah dinamika global.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo, menjelaskan bahwa kebijakan untuk membuka ruang penurunan suku bunga acuan tersebut didasarkan pada berbagai faktor ekonomi dalam negeri dan global. Meskipun pertumbuhan ekonomi Indonesia tercatat positif, BI tetap memperhatikan risiko-risiko yang mungkin muncul, termasuk dampak dari ketidakpastian global dan volatilitas pasar keuangan.

Bacaan Lainnya

“Dengan membuka ruang penurunan suku bunga acuan, BI berupaya untuk memberikan stimulus tambahan kepada sektor-sektor ekonomi yang membutuhkan. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional dan mencapai target pertumbuhan yang lebih tinggi,” ungkap Perry Warjiyo dalam konferensi pers.

Perry Warjiyo juga menekankan bahwa kebijakan penurunan suku bunga acuan nantinya akan dipertimbangkan secara hati-hati, dengan memperhatikan stabilitas keuangan dan inflasi. Bank Indonesia tetap berkomitmen untuk menjaga keseimbangan antara mendukung pertumbuhan ekonomi dan menjaga stabilitas moneter.

Langkah ini diharapkan dapat memberikan dorongan positif terhadap sektor-sektor seperti properti, investasi, dan konsumsi masyarakat. Dengan suku bunga yang lebih rendah, diperkirakan akan meningkatkan aksesibilitas masyarakat terhadap kredit dan mendukung investasi sektor swasta.

Pasar keuangan dan pelaku usaha diimbau untuk memantau perkembangan lebih lanjut terkait kebijakan suku bunga acuan dari BI. Para ekonom dan analis pasar diperkirakan akan memperhatikan data ekonom

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *