Catat! Aturan Ganjil Genap Tak Berlaku di Jakarta saat Hari Natal

Jakarta, Quotex.co.id – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta memberikan kabar gembira bagi warga dan pengguna jalan di ibu kota. Sehubungan dengan perayaan Hari Natal, aturan ganjil genap yang biasanya berlaku untuk pengendara di Jakarta akan diberlakukan pengecualian pada hari ini.

Aturan ganjil genap sendiri merupakan kebijakan pengaturan lalu lintas di Jakarta yang mengharuskan kendaraan dengan plat nomor ganjil (1, 3, 5, 7, 9) dan genap (2, 4, 6, 8, 0) untuk bergantian beroperasi pada hari-hari tertentu. Namun, untuk memfasilitasi pergerakan masyarakat selama perayaan Natal, aturan ini akan dihentikan sementara pada tanggal 25 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

Hal ini diumumkan oleh Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Budi Setiyadi, dalam konferensi pers di Balai Kota. Budi Setiyadi menjelaskan bahwa pengecualian ini merupakan langkah positif untuk mendukung kelancaran perayaan Natal di Jakarta. “Kami ingin memberikan kenyamanan dan kemudahan bagi masyarakat Jakarta serta para wisatawan yang merayakan Natal di ibu kota. Oleh karena itu, aturan ganjil genap tidak berlaku pada hari ini,” ujarnya.

Keputusan ini diharapkan dapat mengurangi potensi kemacetan dan memperlancar arus lalu lintas di sejumlah ruas jalan utama Jakarta. Pengecualian aturan ganjil genap pada Hari Natal telah menjadi tradisi tahunan dan selalu mendapat sambutan positif dari masyarakat.

Meskipun aturan ganjil genap tidak berlaku, Dinas Perhubungan tetap mengingatkan kepada para pengendara untuk tetap mematuhi aturan lalu lintas lainnya demi keamanan bersama. Pengawasan dan penegakan hukum tetap berjalan untuk memastikan ketertiban lalu lintas selama libur Natal.

Dengan pengecualian aturan ganjil genap ini, diharapkan masyarakat Jakarta dapat merayakan Natal dengan lebih tenang dan nyaman tanpa harus khawatir dengan pembatasan lalu lintas. Pemerintah DKI Jakarta mengimbau agar seluruh pengendara tetap mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku demi keselamatan bersama. Selamat merayakan Natal di Jakarta!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *