Fitur Live Streaming, Shopee Lebih Populer dari TikTok

Quotex.co.id – Perusahaan riset pasar Ipsos merilis hasil penelitian yang mengejutkan, menunjukkan bahwa fitur live streaming di platform e-commerce, khususnya Shopee, kini lebih populer daripada aplikasi media sosial terkenal TikTok. Temuan ini memberikan wawasan menarik tentang bagaimana preferensi pengguna dalam konsumsi konten dan interaksi online telah berubah.

1. Fenomena Live Streaming di Platform E-commerce

Bacaan Lainnya

Fitur live streaming pada platform e-commerce seperti Shopee telah menjadi tren yang berkembang pesat. Berbeda dari model bisnis konvensional, live streaming memungkinkan penjual untuk berinteraksi langsung dengan pembeli, memberikan informasi produk secara real-time, dan bahkan memberikan penawaran eksklusif.

2. Shopee Mendominasi Live Streaming

Ipsos menemukan bahwa Shopee telah menjadi pemimpin dominan dalam arena live streaming. Dengan berbagai penawaran menarik, diskon eksklusif, dan acara khusus, Shopee berhasil menarik perhatian konsumen untuk memanfaatkan fitur live streaming mereka secara aktif.

3. Persaingan dengan TikTok

Temuan ini menarik perbandingan langsung antara Shopee dan TikTok, dua platform yang menawarkan fitur live streaming dengan pendekatan yang berbeda. TikTok, yang sebelumnya dikenal sebagai destinasi utama untuk konten kreatif dan hiburan, kini harus bersaing dengan daya tarik Shopee dalam hal live streaming.

4. Keuntungan untuk Penjual dan Konsumen

Fitur live streaming yang lebih populer di Shopee memberikan keuntungan ganda, baik bagi penjual maupun konsumen. Penjual dapat dengan mudah mempromosikan produk mereka secara langsung dan berinteraksi dengan pelanggan potensial. Di sisi konsumen, mereka dapat mendapatkan informasi produk secara mendalam dan bahkan berpartisipasi dalam sesi tanya jawab langsung.

5. Transformasi Model Bisnis E-commerce

Dengan semakin berkembangnya popularitas fitur live streaming di Shopee, model bisnis e-commerce tradisional mengalami transformasi signifikan. Para pelaku usaha dan penjual tidak lagi hanya mengandalkan deskripsi produk statis, tetapi dapat memanfaatkan kekuatan live streaming untuk membangun koneksi lebih personal dengan konsumen.

6. Tantangan Bagi Platform Lain

Temuan Ipsos juga menimbulkan pertanyaan tentang cara platform lain menanggapi tren ini. Apakah platform media sosial lainnya akan mengadopsi fitur live streaming yang lebih menekankan pada komersial, ataukah mereka akan menciptakan cara baru untuk mempertahankan pangsa pasar mereka?

7. Implikasi bagi Pemasar dan Bisnis Online

Temuan ini memberikan pemasar dan pelaku bisnis online pelajaran berharga tentang perubahan perilaku konsumen. Strategi pemasaran yang mengintegrasikan live streaming dapat menjadi kunci untuk menarik perhatian dan membangun keterlibatan konsumen yang lebih kuat.

Kesimpulan: Perubahan Dinamika Konsumen Online

Temuan Ipsos menyoroti perubahan dinamika konsumen online yang terjadi. Platform e-commerce, khususnya Shopee, telah berhasil merumuskan formula menarik dalam bentuk live streaming yang memberikan nilai tambah bagi pengguna. Bagaimana platform lain menyesuaikan diri dengan perubahan ini akan menjadi narasi menarik untuk diikuti dalam ekosistem digital yang terus berkembang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *