Harga Pangan Hari Ini (24/12): Beras hingga Telur Ayam Naik Jelang Natal

Quotex.co.id Jakarta – Dalam menjelang perayaan Natal, harga beberapa komoditas pangan di pasar domestik mengalami kenaikan. Faktor-faktor seperti permintaan yang meningkat dan dinamika pasokan telah memberikan dampak pada harga-harga bahan pokok. Berikut adalah pergerakan harga pangan hari ini, 24 Desember 2023.

1. Beras:

Harga beras di pasar tradisional dan supermarket melambung menjelang Natal. Peningkatan ini dipengaruhi oleh lonjakan permintaan dari masyarakat yang lebih intensif berbelanja menjelang perayaan Natal. Harga beras medium dan premium tercatat naik sekitar 10% hingga 15%.

Bacaan Lainnya

2. Telur Ayam:

Telur ayam mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan. Permintaan telur sebagai bahan kue dan hidangan khas Natal menyebabkan kenaikan sekitar 12%. Pedagang pasar tradisional mencatat peningkatan yang cukup tajam dalam beberapa hari terakhir.

3. Daging Ayam:

Daging ayam juga mengalami kenaikan harga meskipun tidak sebesar telur. Kondisi ini dipicu oleh tingginya permintaan untuk persiapan hidangan Natal. Harga daging ayam naik sekitar 8% hingga 10% tergantung pada jenis potongan.

4. Sayuran Segar:

Beberapa jenis sayuran segar mengalami fluktuasi harga yang umumnya tidak terlalu signifikan. Namun, sayuran yang umumnya digunakan dalam hidangan khas Natal, seperti wortel dan kentang, mengalami kenaikan harga sekitar 5% hingga 8%.

5. Buah-Buahan:

Buah-buahan segar, terutama yang memiliki citarasa manis dan segar, juga mencatat kenaikan harga. Apel, anggur, dan jeruk menjadi primadona jelang Natal, menyebabkan kenaikan harga sekitar 10% hingga 12%.

6. Minyak Goreng:

Harga minyak goreng mengalami peningkatan yang cukup stabil, naik sekitar 5% hingga 7%. Faktor kenaikan ini terkait dengan biaya produksi dan distribusi yang cenderung meningkat.

Meskipun terjadi kenaikan harga pada sejumlah komoditas pangan, pemerintah dan pihak terkait terus memantau dan mengambil langkah-langkah untuk menjaga stabilitas harga. Masyarakat diimbau untuk bijak dalam berbelanja, membandingkan harga, dan mempersiapkan kebutuhan Natal dengan lebih cermat. Selamat menyambut Natal bagi yang merayakannya!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *