Kartu Kredit Mulai Ditinggalkan, Bank Indonesia Kasih Bukti Datanya

Quotex.co.id JAKARTA – Seiring dengan perkembangan teknologi keuangan, kartu kredit semakin ditinggalkan oleh masyarakat Indonesia. Bank Indonesia (BI) mengungkapkan bukti data yang menunjukkan tren penurunan penggunaan kartu kredit di tengah maraknya inovasi pembayaran digital.

Menurut data terbaru dari BI, penggunaan kartu kredit menunjukkan penurunan signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2023, transaksi menggunakan kartu kredit mengalami penurunan sebesar 15 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Fenomena ini sejalan dengan meningkatnya adopsi metode pembayaran digital, seperti dompet digital dan transfer instan.

Bacaan Lainnya

Gubernur Bank Indonesia menyampaikan bahwa penurunan penggunaan kartu kredit dapat diatributkan kepada pergeseran perilaku konsumen yang lebih memilih alternatif pembayaran yang lebih praktis dan efisien. Kecepatan, kemudahan, dan fitur keamanan yang ditawarkan oleh teknologi pembayaran digital menjadi preferensi utama masyarakat.

Selain itu, pandemi COVID-19 juga memainkan peran penting dalam mengubah pola pengeluaran konsumen. Pembatasan sosial dan percepatan transformasi digital di berbagai sektor telah mendorong masyarakat untuk beralih ke solusi pembayaran tanpa sentuhan fisik, termasuk dalam hal transaksi belanja sehari-hari.

Bank Indonesia juga mencatat bahwa sektor e-commerce menjadi salah satu pendorong utama perubahan ini. Meningkatnya aktivitas belanja online membuat masyarakat lebih nyaman menggunakan opsi pembayaran digital, seperti transfer antarbank, QR code, dan pembayaran melalui aplikasi dompet digital.

Dalam menyikapi tren ini, sejumlah bank dan lembaga keuangan di Indonesia terus mengembangkan dan meningkatkan layanan pembayaran digital mereka. Penyedia dompet digital juga semakin bersaing untuk memberikan fitur yang inovatif dan mengakomodasi kebutuhan konsumen.

Pemerintah dan regulator juga memberikan dukungan terhadap perkembangan teknologi pembayaran digital. Ini termasuk penerapan regulasi yang mendukung ekosistem pembayaran digital, peningkatan keamanan transaksi, dan edukasi kepada masyarakat mengenai manfaat dan cara penggunaan pembayaran digital.

Meskipun kartu kredit masih tetap relevan untuk sebagian konsumen, tren penurunan penggunaan ini memberikan sinyal bahwa era pembayaran digital semakin mendominasi di Indonesia. Bank dan penyedia layanan keuangan diharapkan terus berinovasi untuk memenuhi tuntutan konsumen yang semakin berkembang di dunia digital.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *