Kemenkop UKM Desak Kemendag TikTok Shop Taat Peraturan, Tak Ada Gugatan

Quotex.co.id – Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) menekankan pentingnya TikTok Shop mematuhi peraturan yang berlaku, dengan dorongan kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag). Desakan ini dilakukan untuk menjaga keberlanjutan ekosistem bisnis online dan melindungi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

Kemenkop UKM menegaskan bahwa kepatuhan TikTok Shop terhadap regulasi merupakan langkah penting untuk melindungi hak dan kepentingan pelaku UMKM. Seiring dengan pertumbuhan popularitas TikTok Shop, perlindungan transparansi, keamanan transaksi, dan hak konsumen menjadi aspek penting yang harus dijamin.

Bacaan Lainnya

Pemerintah mengharapkan TikTok Shop dapat menyesuaikan kebijakannya agar selaras dengan regulasi perdagangan elektronik dan perlindungan UMKM yang telah ditetapkan. Harmonisasi ini dianggap sebagai langkah strategis untuk menciptakan ekosistem bisnis online yang sehat dan sesuai dengan kebijakan pemerintah terkait UMKM.

Dalam mendesak penyelesaian isu ini, Kemenkop UKM menekankan pentingnya mencari solusi tanpa melibatkan gugatan hukum. Dialog dan koordinasi dianggap sebagai cara yang lebih baik untuk menjaga hubungan baik antara pemerintah dan sektor swasta, sekaligus mendorong kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan terkait e-commerce.

Desakan ini bukanlah untuk menghambat pertumbuhan TikTok Shop, melainkan sebagai upaya untuk menciptakan keseimbangan yang adil dalam ekosistem bisnis online. Pengembangan lingkungan yang mendukung pertumbuhan ekonomi inklusif dan memberikan manfaat bagi semua pihak menjadi prioritas utama pemerintah.

Pihak Kemenkop UKM berharap TikTok Shop merespons dengan positif dan bersedia berkolaborasi untuk menciptakan lingkungan bisnis online yang kondusif. Melalui tindakan preventif dan pendekatan kolaboratif, diharapkan bahwa pihak terkait dapat mencapai kesepakatan yang menguntungkan semua pihak dan mendukung perkembangan e-commerce yang berkelanjutan di Indonesia.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *