Sandiaga Minta Tambah Unit Maskapai Agar Harga Tiket Terjangkau

Quotex.co.id Jakarta – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno, mengemukakan permintaan agar penambahan unit maskapai penerbangan dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya saing sektor penerbangan di Indonesia. Dalam konferensi pers yang diadakan di kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga menyatakan bahwa langkah ini diharapkan dapat mengendalikan dan menstabilkan harga tiket pesawat agar tetap terjangkau bagi masyarakat.

Peningkatan jumlah maskapai, menurut Sandiaga, dapat menciptakan persaingan sehat di industri penerbangan. “Dengan meningkatnya jumlah maskapai, akan ada kompetisi harga yang dapat mendorong penurunan harga tiket pesawat. Ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk mendukung sektor pariwisata dan mempermudah mobilitas masyarakat,” kata Sandiaga.

Bacaan Lainnya

Pemerintah berencana membuka pintu bagi maskapai penerbangan baru yang memenuhi persyaratan operasional dan keamanan. Langkah ini diharapkan dapat memberikan opsi lebih banyak kepada masyarakat dan wisatawan, serta meningkatkan konektivitas antardestinasi di Indonesia.

Selain penambahan unit maskapai, Sandiaga juga menekankan pentingnya kerjasama antara pemerintah, maskapai penerbangan, dan pelaku industri pariwisata untuk menciptakan ekosistem yang mendukung pertumbuhan sektor ini. “Kami juga akan terus berkoordinasi dengan maskapai untuk meninjau regulasi dan kebijakan yang dapat mendukung operasional mereka, termasuk pemangkasan biaya operasional yang berdampak pada harga tiket,” tambah Sandiaga.

Kebijakan ini mendapat dukungan dari Asosiasi Perusahaan Penerbangan Nasional (APN), yang menyatakan kesiapannya untuk berkontribusi dalam meningkatkan daya saing dan aksesibilitas penerbangan di Indonesia. APN juga berharap bahwa langkah-langkah ini dapat memberikan dorongan positif bagi pemulihan industri penerbangan yang terdampak oleh pandemi.

Walaupun rencana ini menuai dukungan, beberapa pihak juga mengingatkan pentingnya menjaga kualitas pelayanan dan keselamatan dalam industri penerbangan. Pemerintah diharapkan dapat melibatkan semua pihak terkait untuk memastikan bahwa penambahan maskapai dilakukan dengan memperhatikan standar keamanan dan pelayanan yang tinggi.

Dengan adanya inisiatif penambahan unit maskapai, diharapkan harga tiket pesawat dapat menjadi lebih terjangkau, mendukung pertumbuhan sektor pariwisata, dan memudahkan masyarakat dalam melakukan perjalanan domestik. Langkah ini sejalan dengan upaya pemerintah untuk memulihkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tengah-tengah kondisi pascapandemi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *